Sabtu, 25 September 2010

TIP UNIK HARDDISK part 2

TIP UNIK

Berikut ini tersaji beberapa tip unik yang juga sedikit ekstrem, mungkin anda sendiri baru pertama kali mengetahuinya. Tip semacam ini banyak sekali beredar di internet, beberapa diantaranya sudah pernah saya buktikan langsung.
Yang harus diperhatikan adalah tip ini merupakan jalan terakhir yang dilakukan, sebelum anda membawa jasa recover data professional. Selain itu percobaan yang dilakukan pun sangat berisiko tinggi dan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada data anda maupun hardware anda. Tingkat keberhasilannya juga sedikit, jadi pertimbangkan sebaik mungkin sebelum anda mencobanya. Yang tak terpenting pula banyak berdoa karena sangat berisiko tinggi !!, karena dalam perobaan pun hardisk yang saya miliki hanya sesekali bisa bergerak.

CD/DVD
Masalah yang muncul pada CD/DVD biasanya adalah kotor ataupun adanya goresan-goresan kecil yang menghambat pengaksesan data. Berikut adalah tip-tip yang saya anggap cocok :
1.    gunakan pasta gigi: oles bagian bawah CD/DVD dengan sedikit pasta gigi. Kemudian secara perlahan usap dengan menggunakan kain katun, lakukan sesuai alur lingkaran CD/DVD hingga sisa pasta gigi itu hilang. Coba jalankan CD/DVD tersebut dengan player atau media pembaca CD/DVD lainnya
2.    Gunakan pembersih : biasa yang digunakan adalah alcohol ataupun brasso yang biasa digunakan untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari metal. Cara penggunaan hampir sama dengan cara pertama diatas.
3.    Menggunakan pisang : tip ini terdengar konyol tapi tidak ada salahnya digunakan sebagai percobaan, Ambil sebuah pisang yang masih segar, ambil kulitnya, gunakan kulit tersebut untuk mengusap permukaan bawah CD/DVD searah dengan alur lingkaran CD. Bersihkan dengan menggunakan kain katun, lalu semprotkan pembersih kaca dan bersihkan lagi dengan menggunakan kain katun.

Setelah mencoba beberapa trik di atas ataupun anda sudah mencoba beberapa trik lainnya tetapi anda belum bisa merecovery data anda, langkah lain adalah dengan menghubungi jasa recovery yang sudah professional. Biaya sendiri tergantung tingkat kesulitan dan kapasitas. Karena pada dasarnya CD/DVD itu berupa ruang-ruang kecil pada piringan yang saling tekait, jika lempengan patah maka sulit untuk mengembalikan data anda atau bahkan tidak mungkin terecover.

Info create from: PCMILD-04/09

0 komentar: